Tanaman Obat Untuk Mengatasi Diabetes Melitus

Tanaman Obat Untuk Mengatasi Diabetes Melitus .- Salah satu cara untuk mengatasi penyakit diabetes melitus  ialah dengan memanfaatkan tanaman obat yang ada disekitar kita atau yang disebut dengan istilah terapi herbal.

Terapi herbal adalah proses penyembuhan penyakit dengan menggunakan berbagai ramuan tanaman yang berkasiat sebagai obat.

Saat ini terapi herbal menjadi salah satu pengobatan yang banyak di pilih oleh masyarat karena dinilai sebagai pengobatan yang memiliki efek samping sedikit,murah dan tentunya mudah didapat.Biasanya terapi herbal dugunakan sebagai pengobatan alternatif namuan ada juga yang sengaja melakukannya sebagai tindakan pencegahan penyakit.

Tanaman Obat Untuk Mengatasi Diabetes Melitus

Ada banyak sekali tanaman obat untuk mengatasi diabetes melitus ini salah satunya ialah sebagai berikut :


A. Mimba

1. Klasifikasi 

Mimba atau dalam bahasa latinnya di sebut dengan Azadiracha indica juss memiliki nama daerah imbo,alembha,memphauh,intaran,margo sier,neem tree,dan mimba merupakan tanaman yang termasuk kedalam famili meliaceae.

2. Kandungan Kimia

Tanaman ini memiliki kandungan unsur kimia berupa azaduractin,minyak gliserida,asam asetiloksifuranil-dekahidrotetrametil-oksosiklopentanatolfiran-asetat-keton,heksahidro-hidroksitetrametil-fenantenom ) nimbol ).

3. Efek Farmakologis

Dalam pengobatan tradisional dan farmakologi cina mimba memiliki rasa pahit,tetapi daging buanya manis.Bersifat netral,antidiabetis,antidiare,antipiretik,dan mengaktifkan atau merangsang fungsi kelenjar-kelenjar tubuh.

Nah bagian yang digunakan pada tumbuhan ini untuk mengatasi diabetes melitus ialah daun,biji,kulit kayu,dan kayu.Cara pengolahannya ialah dengan cara merebus daun mimba dan airnya di minum setelah disaring dan di dinginkan.

2. Daun Sambiloto


Daun sambiloto dikenal memiliki rasa pahit. Namun ternyata siapa sangka dibalik rasanya yang pahit daun sambiloto mengandung berbagai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena manfaat yang dikandungnya ini menjadikan daun dengan nama ilmiah Andrographis paniculata ini menjadi salah satu pilihan atau alternatif bagi mereka yang lebih memilih pengobatan tradisional dari bahan–bahan herbal. 

Dan salah satu manfaat dan khasiat dari daun sambiloto ini ialah mampu mengatasi penyakit diabetes melitus.Hal tersebut karena daun sambiloto mengandung Andrographolide dan glukosida diterpen.Andrographolide merupakan zat aktif utama dalam sambiloto yang berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Hasil Penelitian Daun Sambiloto :

Menurut penelitian Munawara dkk dari Fakultas Farmasi UGM tahun 2004 bahwa rebusan daun sambiloto mampu menurunkan kadar glukosa darah tikus jantan.
Soedigdo dkk, ITB melalui percobaannya pada kelici menyatakan bahwa andrographolide dalam ekstrak sambiloto terbukti mempunyai efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah).

Minggawati, tahun 1990, Fakultas Farmasi, Universitas Widya Mandala, melalui percobaannya menyatakan bahwa campuran ekstrak sambiloto : kumis kucing = 7 : 3 yang diberikan secara oral mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Kencing manis (Diabetes mellitus) merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi nilai normal, akibat tubuh kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.

Cara Meracik Daun Sambiloto Menjadi Obat Tradisional Diabetes Melitus :

 Ambil daun sambiloto sebanyak kira-kira 5 gram daun segar, seduh dengan 1 gelas air panas (matang), setelah dingin lalu disaring. Hasil saringan kemudian diminum sehari 2 kali sama banyak, pagi dan sore setelah makan.

Demikianlah sekilas tentang tanaman obat untuk mengatasi diabetes melitus ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.Terima kasih banyak atas kunjungannya dan sampai jumpa !

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Obat Tradisional Tbc Paru Dari Bahan Alami

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Gondok